Minggu, 11 April 2010

Jus Belimbing Jeruk Untuk Penangkal Selesma

Assalamualaikum WW,

Hai kawan , kita jumpa lagi. 
Hari ini saya sedang tidak enak badan karena sedang terkena selesma. Saya coba mencari  resep  jus untuk mengatasi selesma saya dari buku-buku kesehatan yang saya punya. Eh, ketemu majalah  Intisari Menu Sehat Edisi 05.Th.1/januari 2005 yang kebetulan membahas tentang Selesma. Setelah saya coba, alhamdulillah badan saya terasa lebih segar dan selesma saya agak berkurang.  Oleh karena itu saya ingin berbagi resep jus untuk penderita selesma, siapa tahu ada kawan yang juga sedang menderita selesma seperti saya, maklum cuaca saat ini sedang tidak bersahabat.

Kawan, hampir semua orang pernah terkena penyakit Selesma. Salah satu gejalanya adalah radang tenggorokan dan pilek. Menurut buku-buku kesehatan yang saya baca, pada saat kita terkena selesma  disarankan untuk banyak minum karena akan membantu mencairkan lendir di hidung dan dahak. Cairan yang diminum terserah saja, boleh air putih atau aneka jus, namun lebih baik jus buah-buahan yang kaya vitamin C dan antioksidan karena akan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Salah satu resep jus yang dapat menyembuhkan selesma adalah jus Belimbing Jeruk segar. Kandungan air dan vitamin C pada belimbing dan jeruk manis segar cocok diminum oleh penderita selesma karena dapat menurunkan demam dan mengeluarkan dahak.

Dalam majalah Intisari edisi ini dikatakan bahwa fakta Gizi per gelas dari jus belimbing jeruk adalah : 
Kalori 111,7 kal, Protein 1,5 gr, Lemak 0,6 gr, Karbohidrat 28 gr, Serat 0,9 gr dan tidak mengandung kolestrol.

Nah kawan ini dia resep jus belimbing jeruk untuk menangkal selesma 

Bahan :
---------------------------   
  1. Belimbing manis 1 buah, buang biji, hati dan ujung-ujungnya
  2. Jeruk manis 5 buah, 4 buah diperas ambil airnya, 1 buah dikupas lalu ambil buahnya
  3. Gula batu cair secukupnya

Cara Membuatnya :
---------------------------  
  1. Belimbing dan kupasan buah jeruk manis dihaluskan dengan blender. Tambahkant air perasan jeruk manis.
  2. Bila dirasa kurang manis tambahkan gula batu cair.
resep diatas untuk 2 gelas jus

Kawan, silahkan dicoba resepnya, kasih tahu saya ya, apakah anda semua juga bekurang selesmanya setelah mengkonsumsi jus belimbing jeruk ini.

Sekian dulu, sampai jumpa di entri saya berikutnya, daaaggg

Wassalamualaikum WW,


Ny.Hj.Alicce Hanafi


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar