Minggu, 11 April 2010

Es Jus kacang Hijau Pasca Operasi Amandel

Assalamualaikum WW,

Kawan, anak teman saya ada yang habis operasi amandel. Teman-teman tahu khan amandel? itu lho organ yang kelihatan seperti daging yang ada/tumbuh di sebelah kiri dan kanan tenggorokan. Biasanya amandel ini banyak meyerang anak-anak.
Sehabis operasi amandel, si anak biasanya akan mengalami kesulitan menelan makanan karena rasa sakit pada daerah luka operasi dan adanya rasa mual akibat pembiusan. Untuk meredakan rasa sakit biasanya sehabis operasi si anak diberi makanan dalam bentuk yang mudah diterima yaitu bentuk cair dan dingin seperti susu dingin, ice cream, es buah, dan jus buah dingin. Yang paling sering diberikan kepada anak adalah ice cream sebab  selain karena disukai oleh anak-anak, ice cream juga banyak mengandung kalori yang sangat dibutuhkan oleh anak.

Tetapi anehnya kawan, teman saya itu tidak memberikan ice cream kepada anaknya melainkan es jus kacang hijau, karena katanya dia khawatir kalau ice cream yang dia beli mengandung obat gula, bukan terbuat dari gula murni/asli. Kata teman saya, es jus kacang hijau ini menurut dokter gizinya bagus diberikan pasca operasi amandel karena  per porsinya mengandung 181,9 kal Kalori, 6 gr Protein, 2,4 gr lemak, 35,3 gr Karbohidrat, 1 gr serat dan 71 mg Na. Secara kebetulan pula anaknya senang makan es kacang hijau. Karena habis operasi maka es kacang hijaunya diblender supaya halus dan dapat ditelan tanpa rasa sakit oleh anak teman saya tersebut. 

Bagus juga ya kawan, karena tertarik maka saya meminta resepnya pada teman saya tersebut. 
kawan ini  nih resepnya, dicatat ya !!

Resep Es Jus Kacang Hijau
--------------------------------- 
Bahan :
--------- 
  1. Kacang hijau 1/2 kg
  2. Air 1 lt
  3. Gula jawa 150 gr
  4. Gula Pasir 50 gr
  5. Jahe 1 ibu jari , dibakar, memarkan
  6. Santan kental 1 cankir
  7. Garam secukupnya

Cara membuatnya :
------------------------ 
  1. Kacang hijau dicuci bersih
  2. Rebus kacang hijau dengan air dan jahe sampai empuk dan pecah kemudian masukkan gula pasir dan gula jawa, masak sampai mendidih dan gula merata
  3. Setelah bubur kacang hijau dingin, haluskan dengan blender, saring dan simpan di dalam lemari es
  4. Masak santan yang sudah dibubuhi garam
  5. Ambil 1/2 gelas jus kacang hijau, tambahkan santan dan es yang dihancurkan, aduk rata. Bila ingin jus yang lebih encer tambahkan air es.
  6. minu jus denga sedotan

Resep tersebut untuk 10 gelas

Silahkan dicoba kawan, rasanya memang enak, manis gurih, segar, pokoknya mantap lah ha..ha...

Sudah dulu ya kawan, sampai jumpa....


Wassalamualaikum WW


Ny.Hj.Alicce Hanafi

1 komentar: